Thursday, April 11, 2013

Program Deret Bilangan Prima



Laporan Praktikum TMD02 Algoritma dan Struktur Data dengan C
NIM/ No. Reg.
:
49013016
Nama
:
HASRUL
email
:
arul_okey59@yahoo.co.id
Laporan
:
Praktikum  Tugas Modul III

Kali ini penulis akan membuat laporan dokumentasi, cara membuat program deret bilangan prima menggunakan bahasa pemrograman C dengan IDE Visual Studio.2010

Tentu kita sudah mengerti semua bagaimana cara membuat project program dengan menggunakan visual studio 2010, karena sebelumnya penulis sudah membuat laporan portofolio tentang tipe data, variabel dan konstanta pada modul 1 algoritma dan struktur data dengan C.

dibawah ini merupakan listing program keseluruhan program deret bilangan prima. program ini bertujuan bagaimana menampilkan bilangan prima pertama dengan batas jumlah angka yang di inputkan pada keyboard. misalkan kita menginputkan batas deret bilangan prima adalah 20, maka output program akan mengeluarkan deret bilangan prima dibawah angka 20.

====================== Listing Program =====================


Output Program Ketika Dijalankan


Deskripsi Listing Program :



Listing program diatas adalah bagaimana menampilkan deret bilangan prima dengan batas angka sesuai dengan yang kita inputkan. Pertama kita buat variabel jumlah,batas,bil,cek,I bertipe integer, karena output program akan menghasilkan bilangan bulat/decimal. Kemudian kita buatkan perintah untuk memasukan inputan bilangan prima dengan printf dan disimpan menggunakan scanf.
Nilai variabel jumlah = 1;

for (bil = 2; jumlah<=batas; bil++){ variabel bil = 2 dan variabel jumlah lebih kecil samadengan nilai batas yang nanti diinputkan serta bil++ akan ditambahkan dengan angka 1 jadinya 2 + 1 = 3. Kemudian kita membuat kondisi lagi for (i = 2; i < bil; i++){ yang maksudnya nilai I = 2 dan I lebih kecil dari bil dan nilai I akan ditambahkan 1.
 

if (bil % i == 0){
cek = 1;
}

Perintah diatas adalah untuk mengecek sisa bagi dari bil dan I == 0. Dan jika cek benar samadengan 0, maka program akan mencetak bilangan deret bilangan prima sebatas dengan angka batas yang kita inputkan.


 Video Pembuatan Program :


Silahkan kunjungi video ini pada link http://youtu.be/kFul1Qvc-AM

4 comments: