Monday, April 8, 2013

Laporan Praktikum Algoritma dan Struktur Data


LAPORAN PRAKTIKUM ALGORITMA DAN STRUKTUR DATA C

Nama           : Hasrul
Nomor Reg  : 49013016
Email           : arul_okey59@yahoo.co.id


Bahasa pemrograman c merupakan bahasa pemrograman tingkat tinggi, itu dikarenakan bahasa c dapat dimengerti dan dipelajari dengan mudah karena kedekatanya dengan bahasa manusia. Tapi banyak orang juga mengatakan bahwa bahasa c adalah medium level progamming language karena bahasa c juga dapat digunakan untuk memasukkan program ke mesin.
pada kesempatan kali ini penulis membuat laporan dokumentasi pembuatan program konversi nilai bilangan dengan menggunakan bahasa pemrograman C menggunakan IDE Visual Studio 2010.
Cara membuat Program :
1. Jalankan Program Visual Studio 2010
2. Pilih New Project
3. Disini kita akan membuat program menggunakan bahasa pemrograman C, maka tahapan selanjutnya adalah memilih Visual C ++ Kemudian Pilih Win32 dan Aktifkan Win32 Console Application dengan mengklik 1 kali , berilah nama Project tersebut sesuai dengan keinginan. dibawah ini adalah tampilan cara membuat project menggunakan VB.Net 2010







Setelah selesai mengetik nama project, kita bisa juga mengatur tempat penyimpanan project kita dengan meng klik tombol Browse.  setelah kita mengatur tempat penyimpanan lanjut dengan klik OK - Kemudian Klik Next ...........




Pada Tampilan Gambar diatas, Uncentang pada Precompiled header dan berilah tanda centang pada Empty project kemudian tekan Finish. Kemudian kita akan membuat sebuah file untuk memulai melakukan pencodingan dengan cara seperti pada gambar dibawah ini :




Kemudian berilah nama dari file tersebut dengan menggunakan tipe file .c, Misalkan konversi_program.c. itu menandakan bahwa file tersebut adalah file C.

Tulis Kode Listing Program Dibawah ini :
----------------------------------------------------------------------------------------------------------
#include <stdio.h> 
#include <stdlib.h>

int main(void)
{
int hexadecimal, octal, decimal;
// Point A
FILE * file;
file = fopen ("hasil.txt","w");
printf ("Masukan Angka Hexadecimal : ");
scanf ("%x",&hexadecimal);
printf("hasil konfersi ke decimal adalah = %d \n\n ",hexadecimal);
fprintf (file," A. hasil konfersi ke decimal adalah = %d \n\n ",hexadecimal);
// Point B
printf ("masukkan angka Decimal : " );
scanf ("%d",&decimal);
printf ("hasil konfersi ke Hexadecimal = %x \n\n ",decimal);
fprintf(file,"B. hasil konfersi ke Hexadecimal = %x \n\n ",decimal);
//Point C
printf ("Masukkan Angka Hexadecimal : ");
scanf ("%x",&hexadecimal);
printf ("hasil konfersi ke Octal = %o \n\n ", hexadecimal);
fprintf (file,"C.hasil konfersi ke Octal = %o \n\n ", hexadecimal); 
//Point D
printf ("masukan angka Octal : ");
scanf ("%o",&octal);
printf("hasil konfersi ke Hexadecimal = %x \n\n",octal);
fprintf(file,"D. hasil konfersi ke Hexadecimal = %x \n\n",octal);
//Point E
printf ("masukan angka decimal :  " );
scanf ("%d",&decimal);
printf ("hasil konfersi ke Octal = %o \n\n ",decimal);
fprintf(file,"E. hasil konfersi ke Octal = %o \n\n ",decimal);
// point F
printf ("masukan angka Octal ; ");
scanf ("%o",&octal);
printf ("hasil konfersi ke decimal = %d \n\n ",octal);
fprintf(file,"F. hasil konfersi ke decimal = %d \n\n ",octal);
system("pause");
return 0;
}
---------------------------------------------------------------------------------------------------------


Setelah Script diatas di jalankan maka akan menghasilkan Output Seperti dibawah ini :


Deskripsi Listing Program :

#include <stdio.h> dan #include<stdlib.h> merupakan Derictive Prosessor yang berfungsi untuk membaca komentar dan prosedur yang telah di inputkan.
int main(void) merupakan perintah utama didalam struktur pemrograman C, karena apabila perintah salah, maka program tidak akan berjalan.
Didalam C kita juga bisa mendeklerasikan variabel yang kita inginkan, seperti gambar diatas, yaitu variabel dengan menggunakan tipe data sesuai dengan fungsi masing-masing. Integer merupakan tipe data untuk membaca nilai bilangan bulat yang di inputkan maupun di deklerasikan sebagai variable, sedangkan float adalah tipe data untuk  membaca nilai bilangan pecahan. Jadi didalam C kita bisa menggunakan tipe data sesuai dengan kebutuhan kita masing-masing.
Perintah FILE * file; - file=fopen(“final.txt ”,”w”); merupakan perintah untuk mencetak hasil output program pada file final yang bertipe txt, txt adalah merupakan tipe file pada notepad, sehingga apabila program di build hasil output akan ditampilkan pada file notepad dan kita bisa membuka dan membaca file tersebut, karena file tersebut sudah di berikan fungsi “w” sebagai write. Oh yah jangan lupa pada statemen proses kita menuliskan perintah fprintf  untuk membaca nilai output dari pada program.
Perintah printf pada pemrograman C adalah berfungsi untuk menampilkan atau mencetak nilai string pada statement yang telah dibuat yang ditandai dengan tanda pertik dua, sehingga pada saat dijalankan output yang akan dihasilkan adalah nilai yang telah dibuat dengan perintah printf dan nilai variabel yang sebelumnya telah di inputkan dengan kita memanggil fungsi Specefier tipe data yang telah di deklerasikan pada perintah scanf. scanf itu sendiri merupakan suatu fungsi untuk menyimpan nilai variabel yang telah diinputkan oleh keyboard, jadi bisa dikatakan scanf sebagai input dan printf sebagai output.
Sedangkan perintah system(“pause”); pada C adalah agar proses running program tidak akan berakhir setelah proses percetakan program selesai. Perintah ini akan berfungsi apabila sebelumnya kita memanggil Derictive Prosessor yaitu #include <stdlib.h>

Dibawah ini adalah hasil file yang di simpan ke dalam notepad dengan nama hasil.txt.



Untuk lebih jelasnya, bagaimana cara membuat program konversi nilai bilangan, silahkan simak Video Dibawah ini :




atau mengakses pada link  http://youtu.be/qioVoqvz7Gw






Comments
0 Comments

No comments:

Post a Comment