Sunday, March 10, 2013

Mengapa Harus Edmodo


MENGAPA HARUS EDMODO?





Pada minggu kedua dan ketiga, siswa pada SMK Walang Jaya sudah mulai memahami dan mengerti apa yang dimaksud dan tujuan dari diterapkan sistem pembelajaran online dengan media social online Edmodo. Seiring dengan rasa penasaran dari siswa itu sendiri, tidak sedikit mereka melontarkan pertanyaan kepada saya tentang “mengapa harus edmodo didalam PJJ /online”. Pertanyaan yang sangat menarik sekali sehingga membuat saya tetap terpacu dan semangat didalam menyampaikan materi yang sudah menjadi tanggung jawab saya selama masa PKL. Didalam internet, banyak sekali tersedia Media Sosial yang digunakan untuk pembelajaran online, contoh: facebook, skype, yahoo messenger, group google, edmodo, moodle, dan lain sebagainya. Mengapa harus edmodo? Edmodo merupakan Media social yang lebih banyak fitur dibanding yang lain, dan edmodo sudah memisahkan antara pengguna seorang guru, dan pengguna seorang siswa dimana setiap kelas yang dibuat oleh seorang pengajar itu sudah diberikan kode group masing-masing, sehingga siswa yang lain serta tergabung pada edmodo tidak bisa mengakses kelas tersebut, karena sebelumnya mereka harus memasukkan kode tersebut pada pilihan join. Kode tersebut berfungsi sebagai jembatan atau penghubung untuk bergabung pada kelas yang dibuat oleh guru/dosen. Didalam pembelajaran online dengan edmodo, sangat terlihat hubungan korelasi antara guru/pengajar dan siswa, bahkan orang tua murid bisa memantau secara continue tentang perkembangan minat belajar anak mereka. Edmodo adalah sebuah situs yang diperuntukan bagi pendidik untuk membuat kelas virtual. Situs tersebut gratis dan gampang digunakannya selama seorang guru dan murid bisa terhubung dengan internet. Edmodo adalah sebuah jawaban bagi sebuah ruang kelas virtual yang nyaman dan aman, dikarenakan:
  • Siswa bisa berinteraksi dalam pantauan gurunya (bebas cyber crime dan cyber bullying). Guru bisa ‘mengunci’ siswa dengan demikian ia hanya bisa membaca dan tidak bisa berkomentar pada seisi ‘kelas’ namun tetap ia bisa berkomunikasi langsung dengan gurunya.
  • Tidak ada orang luar yang bisa masuk dan melihat kelas virtual yang dibuat oleh seorang guru tanpa mendapat kode khusus dari guru yang bersangkutan
  • Guru bisa memulai pertanyaan, menaruh foto atau video, menaruh presentasi bahan ajar, yang kesemuanya bebas untuk diunduh oleh siswa dan dikomentari
  • Murid bisa kembali kapan saja untuk mengulang materi yang diberikan gurunya, bahkan PR bisa diberikan melalui edmodo. Murid juga bisa mengumpulkan PR nya lewat edmodo, tinggal unggah saja.
  • Edmodo bisa dipadukan dengan situs lain seperti wall wisher, glogster dan lain sebagainya.
  • Guru bisa menaruh nilai dari pekerjaan siswa sebagai acuan bagi siswa.  
  • Kelas virtual yang dibuat seorang guru tidak terbatas, guru bisa menaruh bahan ajar untuk digunakan di angkatan atau tahun ajaran berikutnya
  • Siswa bisa bekerja sama dengan siswa lain dalam grup kecil yang dibentuk oleh gurunya. Saat mengerjakan sebuah proyek bersama mereka bisa menaruh semua dokumen yang diperlukan dalam pengerjaannya.
  • Edmodo memungkinkan guru menaruh bahan ajar yang sangat berguna bagi siswa yang tidak masuk atau berhalangan saat melakukan tatap muka.
  • Siswa yang pendiam bisa bebas berkata-kata dan berpendapat tanpa khawatir dipermalukan, sementara si anak tipe aktif bisa posting pertanyaan kapan saja asal ia terhubung dengan internet.
  • guru bisa mengajarkan tata cara yang berlaku di dunia maya seperti cara berkomentar dan sederet tata krama di dunia maya yang perlu siswanya ketahui.
Melihat uraian diatas, edmodo adalah media yang tepat untuk diterapkannya pembelajaran online, karena media tersebut sudah banyak sekali yang menggunakannya di dalam pendidikan jarak jauh/online.
Pada SMK Walang Jaya, tidak semua kelas terhubung dengan internet sehingga ini bisa dikatakkan sebagai kendala agar siswa bisa secara langsung mempraktekkan penggunaan edmodo itu sendiri. Tapi semangat saya sesuai dengan apa yang saya pikul adalah tugas Negara yang bertujuan untuk mendidik anak bangsa dalam berkreatif dan menyerap ilmu dengan internet. Karena didalam internet terdapat banyak sekali materi pembelajaran yang disajikan secara gratis  dan ini merupakkan metodologi yang harus dimanfaatkan oleh siswa itu sendiri.

Gambar Matrikulasi Edmdo

Gambar Matrikulasi Edmodo

Gambar diatas adalah gambar antara siswa dan guru pada saat matrikulasi dalam kelas yang mempraktekkan secara detail tentang penggunaan edmodo, ini saya lakukan agar siswa bisa mengetahui secara pasti penggunaan dari edmodo itu sendiri karena pada sekolah ini ruang kelas belum terkoneksi dengan internet secara keseluruhan dan mau tidak mau saya sebagai seorang pengajar melakukan  upaya yang dimana siswa pada SMK Walang Jaya bisa memahami fungsi dari media social ini. Didalam ruang kelas saya membagi beberapa kelompok belajar, baik secara group maupun individu siswa sehingga mereka akan terbiasa berkolaborasi untuk mencapai apa yang mereka inginkan, selain berkelompok saya juga memanggil satu per satu siswa untuk melihat secara langsung bagaimana siswa mengirim materi pembelajaran, bagaimana siswa menjawab kuis dari pengajar, bagaimana siswa membedakan pesan Assaighment due, note dan alerts dan lain-lain sebagainya.
Program lembaga SEAMOLEC yang ingin menerapkan sistem PJJ ini diterima baik oleh siswa dan Guru SMK Walang Jaya, sehingga mereka menerima baik kedatangan saya sebagai Mahasiswa PKL dari Seamolec Kerma ITB Bandung. 



Gambar Matrikulasi Edmodo

Selain mempraktekan secara kelompok, saya memberikan kesempatan kepada siswa untuk mempraktekan secara individu, ini dilakukan agar siswa lebih mengerti dan memahami yang dimana tahapan ini bermuara pada pengertian dari penggunaan fasilitas edmodo secara keseluruhan. Selain mempraktekan secara individu, tahapan yang saya lakukan adalah menjelaskan kepada siswa tentang edmodo dengan membagikan print out modul penggunaan edmodo. Sambil siswa melihat modul yang telah dibagikan, saya juga menjelaskan kepada siswa di depan papan agar materi edmodo bisa diserap oleh siswa secara keseluruhan. 


Gambar Print Out Modul Edmodo

Gambar Matrikulasi Dalam Kelas








Comments
0 Comments

No comments:

Post a Comment